Sunday, March 9, 2014

Gadget dapat menyebabkan stroke pada remaja


Kuliah umum " Terapi pada Stroke" digelar di gedung Vokasi, Universitas Indonesia, Program Studi Vokasi UI , pada Sabtu 8 Maret 2014. Di hadapan 100 peserta kuliah umum, Ketua Umum Ikatan Okupasi Terapis Indonesia, Bambang Kuncoro mengatakan, stroke penyakit kardiovaskuler yang terjadi akibat gagalnya suplai oksigen ke sel-sel otak yang beresiko terhadap kerusakan iskemik dan dapat menyebabkan kematian
Penyakit stroke, penyebab kematian ketiga setelah kardiovaskuler dan kanker. Diperkirakan 550.000 kasus baru setiap tahun, dimana penyakit ini juga berdampak terhadap ekonomi secara langsung (kesehatan) maupun tidak langsung.

Staf Pengajar Program Okupasi Terapi Vokasi, Hermito Gideon mengatakan, faktor resiko penyebab stroke yang mudah dan sangat penting untuk dikendalikan adalah hipertensi. Sebanyak 40% kasus Stroke, seseorang dengan sistole lebih dari 140 mm Hg. Kejadian stroke semakin meningkat sejalan dengan bertambahnya usia. Walaupun demikian, karena perubahan gaya hidup, pada remaja juga sudah ditemukan beberapa kasus stroke yang diakibatkan oleh gaya hidup sedentary, seperti aktivitas penggunaan gadget.

»Disini yang dimaksud dalam judul Gadget dapat menyebabkan stroke pada remaja adalah Remaja yang sangat aktif atau terus menerus dalam menggunakan jari-jarinya untuk bermain hape atau gadget berpotensi mengalami penyumbatan dan pecahnya pembuluh darah, karena kurangnya aktivitas produktif,” kata dia. Untuk itu Gideon menyampaikan, okupasi terapi merupakan sebuah metode rehabilitasi baru yang bekerja secara komprehensif mengembalikan kehidupan penderita stroke hampir 80 %. » Dengan okupasi terapi, pasien bukan hanya dibantu untuk melakukan gross motoric seperti pada fisioterapi (aktifitas berjalan). Tapi, pasien bisa kembali mandiri seperti semula, sesuai dengan latar belakang profesi atau hobinya.” katanya.

Gideon mencontohkan, seorang pelajar SMA kelas 1, setelah terserang stroke karena pecahnya pembuluh darah, dengan okupasi terapi, sudah kembali mampu bermain piano dan menjalani kehidupan normal seperti sebelum terserang stroke.

Okupasi terapi merupakan profesi kesehatan yang menggunakan pendekatan (terapi) dengan tujuan mendorong pasien yang dependent (tergantung) menjadi independent (mandiri) seperti kembali menyetir dan sebagainya.



Sumber: http://id.berita.yahoo.com/gadget-penyebab-stroke-pada-remaja-033037472.html

No comments:

Post a Comment