Friday, June 12, 2015

Manfaat dan Ilmu Softskill yang sudah di Dapat Selama Delapan Semester

    Saat pertama saya memulai perkuliahan di Universitas Gunadarma, saya mendapatkan mata kuliah softskill sebanyak 1-2 sks tiap semesternya. Sayapun bertanya-tanya untuk apakah matakuliah softskill ini? Apakah dibutuhkan didalam dunia kerja dan saat sudah lulus nanti..?

Beberapa mahasiswa menganggap softskill sebagai mata kuliah yang tidak begitu berbobot, namun ternyata sebenarnya softskill lah yang menjadi pondasi kita bisa  berkembang sesuai pribadi masing-masing.

Apa itu Softskill..??  Softskill adalah kemampuan yang ada dalam diri kita sendiri yang tidak terlihat bentuknya. Softskill bisa dibilang pengendalian diri dari diri kita terhadap suatu kepentingan yang mungkin sangat menyita emosi, optimasi dan komunikasi. Manajemen waktu, mengendalikan diri, bertanggung jawab dapat juga dikategorikan sebagai softskill.

Softskill yang baik harus diiringi dengan hardskill juga. Hardskill itu bakat kita yang dapat dilihat. Misalnya kita jago membuat program komputer, pandai membangun usaha, mahir membuat arsitektur bangunan dll. Dengan softskill dan hardskill yang jalan beriringan kita dapat menjadi manusia yang berkualitas dimasa depan.Sampai pada akhirnya saya dan teman teman sekelas mendapatkan tugas untuk membuat penulisan softskill dari hasil ketikan tangan sendiri.

Tugas softskill kali ini kami diminta untuk mendeskripsikan salah satu atau beberapa mata kuliah softskill dari semester 1 hingga semester 8 yang paling disukai atau dikuasai. Maksudnya dari softskill itu diharap kami tahu kemampuan kami dimana, ingin kerja dibidang apa, ingin gaji berapa. Berikut adalah nama-nama mata kuliah softskill yang pernah kami ambil dalam menempuh bangku perkuliahan :

·        Ilmu sosial dasar
·        Ilmu budaya dasar
·        Teori organisasi umum
·        Teori organisasi umum 2
·        Bahasa indonesia 1
·        Bahasa indonesia 2
·        Pengantar telematika
·        Etika & profesionalisme TSI

      Dari kedelapan mata kuliah softskill diatas yang menurut saya memberikan pengetahuan lebih terhadap saya sendiri adalah ilmu sosial dasar, ilmu budaya dasar dan teori organisasi umum. Kenapa matakuliah tersebut..? Karena sebenarnya saya sangat senang berkomunikasi, berinteraksi dan membantu teman ketika sedang mengalami kesulitan, membutuhkan nasehat atau saran agar dapat membantu mempermudah dan menyelesaikan masalahnya. Saya sangat nyaman berinteraksi dengan orang banyak dan berbisnis daripada mengutak-atik program.

Saya menilai ini bukan suatu kelemahan saya yang belum mencintai dunia lainnya. Tapi saya menganggap ini sebagai modal saya untuk membangun komunikasi. Salah satu contohnya, saya mengikuti organisasi. Organisasi yang saya ikuti adalah saya mengikuti organasiasi yang ada di kampus. Yaitu organisasi HIMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi). Organisasi ini adalah organasasi dari jurusan yang dikhususkan hanya untuk mahasiswa sistem informasi.

            Saya memilih kuliah di jurusan sistem informasi karna temen saya banyak yang memilih jurusan ini dan karena saya melihat kedepannya teknologi semakin berkembang dan terus berkembang itu yang membuat saya mau tidak mau harus bisa, mengerti serta melek akan teknologi.

            Karna saya sudah masuk dan berkuliah di universitas gunadarma jurusan sitem informasi, saya menjalani semuanya dengan tanggung jawab. Saya mempunyai target diawal kuliah yaitu minimal ipk >3.00 dan selesai tepat waktu. Dan di semester akhir ini ipk saya mencapai target angka tersebut walaupun tidak melambung tinggi tapi saya cukup bangga, dengan jurusan yang bukan saya minati, saya dapat mencapai target saya yang saya buat di awal perkuliahan

         Saat saya mencoba menyukai hal-hal yang berkenaan dengan teknologi walaupun sangat telat, lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. Saya mencoba menyukai blender 3D, android, dan java  serta melek akan teknologi. Walaupun hanya sedikit yg bisa saya kuasai dari sekian banyak yang sudah di pelajarin sehingga tidak sia sia kuliah selama delapan semster.

     Setelah lulus kuliah saya ingin bekerja ditempat yang dapat mendukung kemampuan saya berkomunikasi dan berbisnis. Marketing communication officer dan event manager bisa dibilang acuan saya setelah lulus kuliah nanti, atau mungkin membuka usaha sendiri. Masalah pendapatan, untuk fresh graduate saya tidak berhaerap terlalu banyak yaitu minimal UMR Jakarta 2,7.

Saya berharap dan harus menemukan perusahaan besar yang dapat menggaji kinerja saya dengan pantas seiring berkembangnya kemampuan saya. Bukan tidak mungkin saya ingin melanjutkan study S2 dan sangat ingin kuliah di luar negerii.

Karna saya menyadari sekarang mencari pekerjaan dengan hanya lulusan S1 tidaklah mudah, dikarnakan ketatnya persaingan dan banyaknya lulusan S1. Sehingga banyak lulusan S1 yang tidak mendapatkan pekerjaan. Saya tidak ingin mengecewakan kedua orangtua saya yang sudah susah payah membiayai kuliah saya selama delapan semester ini.


         Demikian tulisan mengenai tugas softskill selama 8 semester ini ini. Maaf apabila ada salah-salah kata dan tidak berkenan, mungkin sedikit keluar dari topiki. Terimakasih 

No comments:

Post a Comment